Thursday 16 January 2014

Perilaku Beriman Kepada Malaikat

Orang yang beriman/percaya kepada malaikat tentunya akan selalu berhati-hati dalam berperilaku karena mereka mempercayai ada malaikat yang selalu mendampingi manusia dalam menjalankan tugasnya sebagai khalifah di muka bumi ini. Beberapa perilaku yang menggambarkan tanda-tanda orang yang beriman kepada malaikat antara lain:
1.   Selalu berhati-hati dengan mempertimbangkan suara hati yang baik karena ada malaikat Jibril yang selalu mengawal manusia dengan wahyu dan ilmu.
2.   Selalu optimis dalam mencari penghidupan karena yakin ada malaikat mikail yang membagi rizki manusia.
3.   Hidup di dunia tidak semena-mena, karena yakin kehidupan ini akan berakhir ketika malaikat Israfil melaksanakan tugasnya.
4.   Berusaha untuk memperbanyak perbuatan baik sebelum malaikat Mikail melaksanakan tugasnya untuk mencabut nyawa.
5.   Selalu berhati-hati dalam berbuat karena ada malaikat Rokib dan ‘Atid yang selalu mencatat amal baik dan buruk.
6.   Selalu berusaha berbuat baik untuk persiapan setelah mati karena yakin ada malaikat Munkar dan Nakir yang menanyai di dalam kubur.
Nabi saw. Bersabda, “Sesungguhnya seorang hamba (yang meningggal) apabila telah diletakkan di dalam kubur dan para pengantarnya telah meninggalkannya, sesungguhnya ia akan mendengar derap sandal mereka. Kemudian datanglah dua Malaikat (Munkar dan Nakir) dan mendudukkannya, seraya bertanya kepadanya: Bagaimana pendapatmu tentang orang ini (Muhammad saw.)? Apabila ia seorang mukmin maka akan menjawab: Saya bersaksi bahwa dia hamba Allah dan utusan-Nya Kemudian dikatakan kepadanya: Lihatlah tempatmu di neraka, sunggguh Allah telah menggantikannya buat kamu di surga. Kemudian ia akan melihat kedua tempat itu semua (surga dan neraka).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
7.   Menjauhi segala larangan Allah agar terhindar dari neraka yang dijaga Malaikat Malik.

8.   Memperbanyak amal shaleh agar dapat bertemu dengan malaikat Ridwan sebagai penjaga surga.