Monday 13 January 2014

Nama dan Tugas Malaikat



Jumlah Malaikat secara keseluruhan hanya Allah SWT yang tahu, bahkan dimungkinkan lebih banyak dari jumlah manusia itu sendiri. Sedangkan jumlah yang wajib diketahui oleh manusia sesuai informasi Al-Qur`an sebanyak 10 Malaikat.

Di antara nama-nama dan tugas malaikat yaitu :
1.    Malaikat Jibril
Allah memberikan tugas kepada Malaikat Jibril untuk memberikan wahyu kepada para nabi dan rasul. Ketika wahyu telah terhenti, Jibril memberikan ilham kepada orang-orang saleh yang dikehendaki oleh Allah.


Artinya : Katakanlah: "Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, Maka Jibril itu Telah menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman. (QS. Al-Baqarah/2 : 97).

2.    Malaikat Mikail
Mikail bertugas mengatur kesejahteraan makhluk, menurunkan rikzi kepada semua makhluk Allah yang tersebar di alam semesta ini.



“ Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, Maka Sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir.(QS. Al-Baqarah/2 : 98).


3.    Malaikat Israfil
Allah menugaskan kepada Malaikat Israfil untuk meniup  sangkakala pada hari Kiamat. Yaitu saat meletusnya kiamat kubra hingga dibangkitkannya manusia menuju alam mahsyar.

yDan ditiuplah sangkalala. Maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. (QS. Yasin /36 : 51).

4.    Malaikat Izra`il
Izrail disebut juga Malaikat Maut. Bertugas sebagai pencabut nyawa manusia dan semua makhluk yang bernyawa di alam ini.

(yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh para malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): "Salaamun'alaikum, masuklah kamu ke dalam syurga itu disebabkan apa yang Telah kamu kerjakan".(QS. An-Nahl/16 : 32).

5.    Malaikat Raqib dan Atid
Semua amal manusia dicacat oleh malaikat. Malaikat Raqib mencatat ama  kebaikan sedangkan Malikat Atid mencatat amal buruk.


  (yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat Pengawas yang selalu hadir. (QS. Qaf/50 : 17-18).


6.    Malaikat Munkar dan Nakir,
Kedua malaikat ini bertugas mengajukan pertanyaan kepada manusia di dalam kubur. Munkar dan Nakir-lah yang menginterogasi orang yang sudah meninggal di alam kubur. Bila ruh orang tersebut bisa menjawab dengan benar, maka ia akan selamat. Bila tidak, ia akan celaka.

7.    Malaikat Malik
Malaikat Malik disebut juga Malaikat Zabaniyah. Allah memberikan tugas kepada Malaikat Malik untuk menjaga neraka dan memimpin para malaikat penyiksa penghuni neraka.


Mereka berseru: "Hai Malik, Biarlah Tuhanmu membunuh kami saja". dia menjawab: "Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)". (QS. Azzukhruf/43 : 77).

8.    Malaikat Ridwan,
Malaikat Ridwan bertugas sebagai penjaga Surga dan memimpin malaikat lain untuk melayani para penghuni surga.


“ Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam syurga berombong-rombongan (pula). sehingga apabila mereka sampai ke syurga itu sedang pintu-pintunya Telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! Maka masukilah syurga ini, sedang kamu kekal di dalamnya". (QS. Azzumar/39 : 73).

Dengan mengetahui nama dan tugas 10 Malaikat tersebut di atas diharapkan bagi seorang muslim untuk mengaplikasikannya dalam sikap dan prilaku kehidupan sehari-hari, sehingga beriman kepada Malaikat tersebut dapat meningkatkan keimanan

(di kutib dari buku PAI kurikulum 2013, penyusun : H. Mustahdi, M.Ag. dkk)