Rabu, 12 Oktober 2011

Prilaku orang beriman terhadap asmaul husna

1. Berusaha selalu berbuat baik dan berkasih sayang.

Mengimani sifat Allah ar rahmaan (maha pengasih) yakni denga berbuat baik kepada seluruh mahluknya , terutama manusia, tanpa membedakan warna kulit, miskin kaya, hormat atau hina.

2. Berusaha menjadi mukmin yang bertaqwa.

Mengimani sifat Allah ar rahiim (maha penyayang) menghayati sifat inisehingga sebagai pendorong untuk bertaqwa kapada allah, sehingga di aherat kelak mendapat balasannya yakni surga.

3. Memelihara kesucian diri.

Mengimani sifat Allah al quduus (maha suci) sebagai penunjuk aagar selalu mempertahankan kesucian dirinya dari perbuatan dosa, karena asal manusia adalah suci tanpa dosa.

4. Menjaga keselamatan diri dan orang lain.

Mengimani sifat Allah as salaam (maha sejahtera) senantiasa berdoa dan berusaha untuk keselamatan dirinya dan orang lain dunia aherat.

5. Menjadi orang yang terpercaya dan dapat memberikan rasa aman terhadap sesama.

Mengimani sifat Allah al mu’minu (maha terpercaya dan maha member keamanan)

Berusaha menjadi orang terpercaya dengan bersikap jujur, tidak dusta, amanah, dan selalu memenuhi janji, menghindari prilaku jahat dan mencegah orang lain berbuat mengganggu keamanan.

6. Berlaku adil

Mengimani sifat Allah al adlu ( yang maha adil) berusaha bersikapadil menghindari prilaku dzalim. Adil terhadap Allah, dirinya, keluarga, sesame manusia, semama makhluk allah, dan meninggalkan prilaku dzalim.

7. Berusaha menjadi pemaaf.

Mengimani sifat Allah al ghafaar (maha pengampun) menjadikan sifat pengampun dalam diri, sehingga akan bertambah mulia kedudukannya disisi Allah swt.

8. Berperilaku bijaksana.

Mengimani sifat Allah al hakim (maha bijaksana) senantiasa bersikap bijaksana, orang bijak biasa berpikir tajam, wawasan luas , cermat dan teliti sehingga terhindat dari prilaku yang merugikan.

9. Menjadi pemimpin yang baik.

Mengimani sifat Allah al maliik (maha merajai) menjadikan sifat pribadi sehingga menjadi pemimpin yang bersifat:

v Ihlas danmengharap ridla dari Allah

v Berperilaku terpuji, menberi manfaat dirinya dan orang banyak.

v Selalu berusaha menjadi yang paling bermanfaat bagi orang banyak.

10. Bermuhasabah (introspeksi diri)

Mengimani sifat Allah al hasiib (maha pembuat perhitungan) sebagai penunjuk terhadap segala perbiatan yang sudah dan akan dilakukan (introspeksi), apabila baik maka ia akan melanjutkan, dan apabila buru maka ia akan segera bertobat ban memperbaiki diri.