Nabi Muhammad saw adala nabi yang
mulia, demikianpun dengan sifat-sifatnya sehingga seorang muslim menjadikannya
sebagai suri tauladan dalam segala hal,baik dalam sikap, tutur kata, ibadah
dll. Dalam nadhaman al-Syamail al-Muhammadiyah al-Syarifah menerangkan
sifat-sifat mulia Nabi Muhammad SAW. Nadham ini antara lain telah disebut dalam
kitab al-Maraqi al-Ubudiyah karangan Syeikh al-Nawawi al-Bantani. Nadham
tersebut adalah :
لَمْ يَحْتَلِمْ قَطُّ طٰـهَ
مُطْـلَقًا أَبَدًا *
وَمَا
تَثـَائَبَ أَصْـلاً فِىْ مَدَى الزَّمَنِ
مِنْهُ الدَّوَابُ فَـلَمْ تَهْرَبْ
وَمَـا وَقَعَتْ
*ذُبَابَةٌ أَبَـدًا فِى جِسْمِـهِ
الْحَسَنِ
بِخَلْـفِهِ كَأَمَـامٍ رُؤْيَةٌ
ثَـــبَتَتْ *
وَلَا
يُرٰى أَثْـرُ بَوْلٍ مِـنْهُ فِيْ عَلَنِ
وَقَلْبُهُ لَمْ يَنَـمْ وَالْعَيْنُ
قَدْ نَعَسَتْ *
وَلَايَرٰى
ظِـلَّهُ فِى الشَّمْسِ ذُوْ فَـطِنِ
كَـتْفَاهُ قَدْ عَلَـتَا قَوْمًا
إِذَا جَلَسُوْا *
عِنْـدَ الْوِلَادَةِ صِـفْ يَا ذَا بِمُخْتَتَنِ
هَذِه الْخَصَائِصَ فَاحْفَظْهَا
تَكُنْ أٰمِنًا* مِنْ
شَرِّ نَـارٍ وَسُرَّاقٍ وَمِـنْ مِحَنِ
Terjemahannya lebih kurang sebagai berikut :
1. Rasulullah SAW tidak pernah mimpi bersetubuh baik sebelum jadi nabi atau setelahnya, Beliau juga sama sekali tidak pernah menguap sepanjang masa,
2. Tidak ada satupun binatang yang melarikan diri (liar) dari beliau. Tidak pernah ada lalat hinggap di tubuh beliau yang mulia.
3. Beliau bisa mengetahui sesuatu yang ada di belakangnya, seperti beliau melihat sesuatu itu yang ada di hadapannya. Bekas air kencing beliau tidak pernah dilihat di permukaan bumi.
4. Hati beliau tidak pernah tidur, walaupun mata beliau mengantuk. Bayangan beliau tidak pernah dapat dilihat oleh orang cerdas ketika beliau kena sinar matahari.
5. Dua pundak beliau selalu terlihat lebih tinggi dari pundak orang-orang yang duduk bersama beliau. Ceritakanlah sifat beliau bahwa beliau telah dikhitan semenjak dilahirkan
6. Ini semua merupakan keistimewaan beliau, hendaknya engkau hapalkan bait tersebut, niscaya engkau mendapat perlindungan dari bahaya kebakaran, pencurian dan musibah.
Sumber rujukan penyebutan sifat-sifat tdiatas pada Nabi Muhammad SAW.
1. Tidak pernah ihtilam (mimpi basah)
Al-Yusuf al-Nabhani telah menyebut keistimewaan Nabi Muhammad SAW ini dalam kitab beliau, al-Anwar al-Muhammadiyah min al-Mawahib al-Laduniyah. Keterangan keistimewaan ini datang dari Ibnu Abbas, beliau berkata :
مَا احْتَلَمَ نَبِيٌّ قَطُّ
إِنَّمَا الِاحْتِلَامُ منَ الشَّيْطَانِ
Artinya : Tidaklah seorang nabi
bermimpi basah sama sekali, karena mimpi basah datang dari syaithan. (H.R.
al-Thabrani)[2]
Al-Haitsami mengatakan, dalam sanad hadits ini terdapat Abd al-Aziz bin Abi Tsabit, sedangkan beliau ini ijmak atas dha’ifnya.
2. Tidak pernah menguap
Ibnu al-Mulaqqin telah menyebut keistimewaan Nabi Muhammad SAW ini dalam kitab beliau, Ghayah al-Suul fi Khashais al-Rasul.
Dalam Kitab Fathulbarri, Ibnu Hajar al-Asqalany menyebutkan :
Al-Haitsami mengatakan, dalam sanad hadits ini terdapat Abd al-Aziz bin Abi Tsabit, sedangkan beliau ini ijmak atas dha’ifnya.
2. Tidak pernah menguap
Ibnu al-Mulaqqin telah menyebut keistimewaan Nabi Muhammad SAW ini dalam kitab beliau, Ghayah al-Suul fi Khashais al-Rasul.
Dalam Kitab Fathulbarri, Ibnu Hajar al-Asqalany menyebutkan :
وَمن الخصائص النَّبَوِيَّة مَا أخرجه
بن أَبِي شَيْبَةَ وَالْبُخَارِيُّ فِي التَّارِيخِ مِنْ مُرْسَلِ يَزِيدَ بْنِ
الْأَصَمِّ قَالَ مَا تَثَاءَبَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَطُّ وَأَخْرَجَ الْخَطَّابِيُّ مِنْ طَرِيقِ مَسْلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الْمَلِكِ
بْنِ مَرْوَانَ قَالَ مَا تَثَاءَبَ نَبِيٌّ قَطُّ وَمَسْلَمَةُ أَدْرَكَ بَعْضَ
الصَّحَابَةِ وَهُوَ صَدُوقٌ وَيُؤَيِّدُ ذَلِكَ مَا ثَبَتَ أَنَّ التَّثَاؤُبَ
مِنَ الشَّيْطَانِ
”Termasuk keistimewaan kenabian
adalah yang telah ditakhrij oleh Ibnu Abi Syaibah dan Al-Bukhari dalam
al-Tarikh dari mursal Yazid bin al-Asham, beliau berkata : Nabi SAW tidak
pernah menguap sama sekali. Al-Khathabi mengeluarkan dari jalur Maslamah bin
Abd al-Malik bin Marwan, beliau berkata : seorang nabi tidak pernah menguap
sama sekali. Sedangkan Maslamah ini pernah bertemu sebagian sahabat Nabi dan
beliau adalah orang yang berkata benar. Riwayat ini juga didukung oleh riwayat
yang shahih yang menjelaskan bahwa menguap datang dari syaithan.”
3. Tidak ada satupun binatang yang melarikan diri (liar) dari beliau
Ibnu al-Mulaqqin telah menyebut keistimewaan Nabi Muhammad SAW ini dalam kitab beliau, Ghayah al-Suul fi Khashais al-Rasul. Qadhi ‘Iyadh meriwayatkan dengan sanadnya sampai kepada Aisyah, beliau berkata :
3. Tidak ada satupun binatang yang melarikan diri (liar) dari beliau
Ibnu al-Mulaqqin telah menyebut keistimewaan Nabi Muhammad SAW ini dalam kitab beliau, Ghayah al-Suul fi Khashais al-Rasul. Qadhi ‘Iyadh meriwayatkan dengan sanadnya sampai kepada Aisyah, beliau berkata :
كان عندنا داجن فاذا كان عندنا رسول
الله صلعم قر وثبت مكانه فلم يجئ ولم يذهب واذا خرج رسول الله صلعم جاء وذهب
Artinya : Di sisi kami ada binatang
jinak, apabila Rasulullah SAW bersama kami, maka binatang itu tenang dan tetap
pada tempatnya, tidak datang dan pergi, tetapi apabila Rasulullah SAW keluar,
maka biantang itu datang dan pergi. (H.R. Qadhi ‘Iyadh)[7]
Dalam Kitab Dalail al-Nubuwah disebutkan riwayat dari Abu Hurairah r.a., beliau
berkata :
وَجَاءَ الذِّئْبُ وَرَسُولُ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَالِسٌ فَأَقْعَى بَيْنَ يَدَيْهِ، ثُمَّ جَعَلَ
يُبَصْبِصُ بِذَنَبِهِ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
هَذَا وَافِدُ الذِّئَابِ، جَاءَ يَسْأَلُكُمْ أَنْ تَجْعَلُوا لَهُ مِنْ
أَمْوَالِكُمْ شَيْئًا ، قَالُوا: لَا وَاللهِ لَا نَفْعَلُ، وَأَخَذَ رَجُلٌ مِنَ
الْقَوْمِ حَجَرًا فَرَمَاهُ، فَأَدْبَرَ الذِّئْبُ وَلَهُ عُوَاءٌ
Artinya : Seekor seriga pernah
datang kepada Rasulullah SAW duduk dan berjongkok di depan beliau, kemudian
menggerak-gerak ekornya. melihat itu Rasulullah SAW berkata, ini utusan
serigala, yang datang meminta suatu makanan dari kalian. Mereka menjawab :
tidak, Demi Allah tidak akan kami lakukan. Seorang dari mereka mengambil batu
melemparnya, serigala itu pun pergi sambil menyalak. (H.R. al-Baihaqi)
Kisah-kisah lain dimana binatang-binatang liar jinak dengan Nabi SAW banyak disebut dalam riwayat-riwayat yang terdapat dalam Kitab Dalail al-Nubuwah karya al-Baihaqi dan al-Syifa’ bi Ta’rif Huquq al-Mushtafa karya Qadhi ‘Iyadh dan kitab-kitab lainnya yang berisi sekitar masalah kehidupan pribadi Nabi Muhammad SAW.
4. Tidak pernah ada lalat hinggap di tubuh beliau yang mulia.
Ibnu al-Mulaqqin telah menyebut keistimewaan Nabi Muhammad SAW ini dalam kitab beliau, Ghayah al-Suul fi Khashais al-Rasul.[9] Al-Yusuf al-Nabhani juga menyebut keistimewaan Nabi Muhammad SAW ini dalam kitab beliau, al-Anwar al-Muhammadiyah min al-Mawahib al-Laduniyah.[10] Dalam kitabnya al-Khashaish al-Kubra, al-Suyuthi mengatakan bahwa Qadhi ‘Iyadh dalam kitab al-Syifa dan al-‘Uzfi dalam al-Maulid-nya mengatakan termasuk keistimewaan Nabi SAW tidak pernah ada lalat hinggap di tubuh beliau dan ini juga telah disebut oleh Ibnu Sab’in dalam al-Khashaish-nya dengan lafazh : “Tidak jatuh lalat atas pakaiannya sama sekali.”
5. Bisa mengetahui sesuatu yang ada di belakangnya, seperti beliau melihat sesuatu itu yang ada di hadapannya
Al-Yusuf al-Nabhani menyebut keistimewaan Nabi Muhammad SAW ini dalam kitab beliau, al-Anwar al-Muhammadiyah min al-Mawahib al-Laduniyah. Qadhi ‘Iyadh menyebut keistimewaan Nabi Muhammad SAW ini dalam kitab beliau, al-Syifa’ bi Ta’rif Huquq Al-Mushtafa. Dalam Shahih Muslim disebut hadits dari Abu Hurairah, beliau berkata :
هَلْ تَرَوْنَ قِبْلَتِي هَا هُنَا؟
فَوَاللهِ مَا يَخْفَى عَلَيَّ رُكُوعُكُمْ، وَلَا سُجُودُكُمْ إِنِّي لَأَرَاكُمْ
وَرَاءَ ظَهْرِي
Artinya : Apakah kalian melihat
kiblatku di sini?. Demi Allah tidak tersembunyi atasku rukuk dan sujud
kalian. Sesungguhnya aku dapat melihat kalian dari belakangku. (H.R Muslim)
6. Bekas air seni beliau tidak pernah dilihat di permukaan bumi.
6. Bekas air seni beliau tidak pernah dilihat di permukaan bumi.
Ibnu al-Mulaqqin telah menyebut
keistimewaan Nabi Muhammad SAW ini dalam kitab beliau, Ghayah al-Suul fi
Khashais al-Rasul. Di dalam kitab ini, Ibnu al-Mulaqqin menyebut hadits dari
Aisyah r.a. yang disebut dalam kitab al-Ayat al-Bainat, karya Ibnu Dahyah, Aisyah
berkata :
يا رسول الله اني اراك تدخل الخلاء ثم
يجئ الذي يدخل بعدك فلا يرى لما يخرج منك اثرا فقال يا عائشة ان الله تعالى امر
الارض ان تبتلع ما خرج من الانبياء
Artinya : “Hai Rasulullah,
sesungguhnya aku melihat engkau memasuki jamban, kemudian masuk orang-orang
sesudahmu. Tetapi orang itu tidak melihat bekas apapun yang keluar darimu.”
Rasulullah SAW bersabda : “Hai Aisyah, sesungguhnya Allah Ta’ala memerintah
bumi menelan apa yang keluar dari para nabi.”
Ibnu Dahyah mengatakan, sanadnya tsabit (maqbul) al-Suyuthi setelah menyebut beberapa jalur riwayat hadits yang semakna dengan hadits di atas ini, beliau mengatakan, jalur ini (hadits di atas) adalah yang paling kuat dari jalur-jalur hadits ini.
7. Hati beliau tidak pernah tidur
Ibnu al-Mulaqqin telah menyebut keistimewaan Nabi Muhammad SAW ini dalam kitab beliau, Ghayah al-Suul fi Khashais al-Rasul. Ini berdasarkan hadits Aisyah, beliau berkata :
Ibnu Dahyah mengatakan, sanadnya tsabit (maqbul) al-Suyuthi setelah menyebut beberapa jalur riwayat hadits yang semakna dengan hadits di atas ini, beliau mengatakan, jalur ini (hadits di atas) adalah yang paling kuat dari jalur-jalur hadits ini.
7. Hati beliau tidak pernah tidur
Ibnu al-Mulaqqin telah menyebut keistimewaan Nabi Muhammad SAW ini dalam kitab beliau, Ghayah al-Suul fi Khashais al-Rasul. Ini berdasarkan hadits Aisyah, beliau berkata :
فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ
أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوتِرَ، فَقَالَ: يَا عَائِشَةُ إِنَّ عَيْنَيَّ
تَنَامَانِ، وَلَا يَنَامُ قَلْبِي
Artinya : Aku mengatakan, Ya
Rasulullah, apakah engkau tidur sebelum witir ?. Rasulullah SAW bersabda : “Ya
Aisyah, sesungguhnya dua mataku tertidur, tetapi hatiku tidak pernah tidur.”
(H.R. Muslim)
8. Bayangan beliau tidak pernah dapat dilihat ketika kena sinar matahari.
Al-Yusuf al-Nabhani menyebut keistimewaan Nabi Muhammad SAW ini dalam kitab beliau, al-Anwar al-Muhammadiyah min al-Mawahib al-Laduniyah. Dalam kitabnya al-Khashaish al-Kubra, al-Suyuthi mengatakan
8. Bayangan beliau tidak pernah dapat dilihat ketika kena sinar matahari.
Al-Yusuf al-Nabhani menyebut keistimewaan Nabi Muhammad SAW ini dalam kitab beliau, al-Anwar al-Muhammadiyah min al-Mawahib al-Laduniyah. Dalam kitabnya al-Khashaish al-Kubra, al-Suyuthi mengatakan
اخْرج الْحَكِيم التِّرْمِذِيّ عَن
ذكْوَان ان رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم لم يكن يرى لَهُ ظلّ فِي شمس
وَلَا قمر قَالَ ابْن سبع من خَصَائِصه ان ظله كَانَ لَا يَقع على الأَرْض وَأَنه
كَانَ نورا فَكَانَ إِذا مَشى فِي الشَّمْس أَو الْقَمَر لَا ينظر لَهُ ظلّ قَالَ
بَعضهم وَيشْهد لَهُ حَدِيث قَوْله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم فِي دُعَائِهِ واجعلني
نورا
“Al-Hakim al-Turmidzi telah
mentakhrij dari Zakwan, sesungguhnya Rasulullah SAW tidak dilihat bayangannya
pada terik matahari dan tidak juga pada bulan. Ibnu Sab’i mengatakan, termasuk
keistimewaan Nabi SAW bayangannya tidak jatuh di atas bumi, karena sesungguhnya
beliau adalah cahaya. Karena itu, apabila berjalan pada terik matahari atau
bulan, maka tidak dilihat bayangannya. Sebagian ulama mengatakan, riwayat ini
didukung oleh hadits perkataan Nabi SAW dalam do’anya : “Jadikanlah aku sebagai
cahaya.
9. Dua pundak beliau selalu terlihat lebih tinggi dari pundak orang-orang yang duduk bersama beliau.
Ibnu al-Mulaqqin menyebut bahwa Ibnu Sab’in mengatakan, salah satu keistimewaan Nabi Muhammad SAW adalah apabila duduk, maka beliau nampak lebih tinggi dari orang-orang yang duduk di sekitar beliau. Pernyataan Ibnu Sab’in ini juga telah dikutip oleh al-Suyuthi dalam kitabnya, al-Khashaish al-Kubra. Dalam Kitab Syarah Al-Muwatha’, al-Zarqani mengatakan :
9. Dua pundak beliau selalu terlihat lebih tinggi dari pundak orang-orang yang duduk bersama beliau.
Ibnu al-Mulaqqin menyebut bahwa Ibnu Sab’in mengatakan, salah satu keistimewaan Nabi Muhammad SAW adalah apabila duduk, maka beliau nampak lebih tinggi dari orang-orang yang duduk di sekitar beliau. Pernyataan Ibnu Sab’in ini juga telah dikutip oleh al-Suyuthi dalam kitabnya, al-Khashaish al-Kubra. Dalam Kitab Syarah Al-Muwatha’, al-Zarqani mengatakan :
وَذَكَرَ رَزِينٌ وَغَيْرُهُ: كَانَ
إِذَا جَلَسَ يَكُونُ كَتِفُهُ أَعْلَى مِنْ جَمِيعِ الْجَالِسِينَ، وَدَلِيلَهُ
قَوْلُ عَلِيٍّ: ” إِذَا جَاءَ مَعَ الْقَوْمِ غَمَرَهُمْ" إِذْ هُوَ
شَامِلٌ لِلْمَشْيِ وَالْجُلُوسِ
”Raziin dan lainnya telah
menyebutkan, Rasululullah SAW apabila duduk, bahunya nampak lebih tinggi dari
semua orang-orang duduk. Dalilnya perkataan ‘Ali : ”Apabila Rasulullah SAW
bersama kaum, beliau melebihi mereka”. Karena ini mencakup apabila berjalan
dan duduk.
Perkataan Ali ini ditakhrij oleh Abdullah bin Ahmad dan al-Baihaqi dari ‘Ali.
10. Beliau telah dikhitan semenjak dilahirkan
Al-Thabrani dalam al-Ausath, Abu Na’im, al-Khathib dan Ibnu ‘Asakir telah mentakhrij dari beberapa jalur dari Anas dari Nabi SAW, bersabda :
Perkataan Ali ini ditakhrij oleh Abdullah bin Ahmad dan al-Baihaqi dari ‘Ali.
10. Beliau telah dikhitan semenjak dilahirkan
Al-Thabrani dalam al-Ausath, Abu Na’im, al-Khathib dan Ibnu ‘Asakir telah mentakhrij dari beberapa jalur dari Anas dari Nabi SAW, bersabda :
من كَرَامَتِي على رَبِّي اني ولدت
مختونا وَلم ير أحد سوأتي
Artinya : Sebagian dari kemulianku
atas Tuhanku adalah aku dilahirkan dalam keadaan sudah dikhitan dan tidak ada
yang melihat dua kemaluanku
Hadits ini telah dinyatakan shahih
oleh al-Dhiya’ dalam al-Mukhtarah. Al-Hakim dalam kitabnya al-Mustadrak
mengatakan, telah mutawatir hadits-hadits yang menjelaskan bahwa Nabi SAW lahir
dalam keadaan telah dikhitan.
Inilah sifat-sifat mulia nabi Muhammad SAW yang tidak dimiliki umatnya, sebagaimana yang telah dianjurkan hafalkanlah nadham diatas niscaya engkau mendapat perlindungan dari bahaya kebakaran, pencurian dan musibah.
Inilah sifat-sifat mulia nabi Muhammad SAW yang tidak dimiliki umatnya, sebagaimana yang telah dianjurkan hafalkanlah nadham diatas niscaya engkau mendapat perlindungan dari bahaya kebakaran, pencurian dan musibah.
Sumber dari: http://www.ngaji.web.id